Kelainan Pada Testis Penyebab Kemandulan

Penyebab kemandulan Pria
Testis atau buah zakar memegang peranan penting bagi sistem reproduksi pria mengingat fungsinya sebagai penghasil sperma. Hanya saja, karena beberapa sebab, kondisi testis jadi tidak normal dan hal ini bisa menimbulkan keresahan bagi pria.

Seperti diketahui, 'pabrik sperma' berada dalam buah zakar. Bila dalam buah zakar terjadi peradangan misalnya terasa nyeri bila disentuh, bisa saja mempengaruhi kualitas sperma hingga menjadi tidak poten atau subur, demikian diutarakan seksolog Dr dr Andri Wanananda, MS.

"Akibatnya, sel spermatozoa tidak bisa membuahi sel telur pasangan sehingga agak sulit untuk menghasilkan keturunan," kata dr Andri kepada detikHealth, Kamis (17/4/2014). Nah, berikut ini kelainan pada testis yang kerap dikhawatirkan para pria:

1. Salah satu testis menonjol

Menurut dr Andri, salah satu testis yang lebih menonjol ke depan, terkadang suka naik ke atas, biasanya disebabkan Hernia Scrotalis, yaitu burut usus yang turun menyelinap ke dalam kantung testis (scrotum).

Penyebabnya adalah bawaan sejak lahir atau jaringan inguinal (selangkangan) yang rapuh hingga usus besar turun menyembul ke dalam scrotum.

"Kondisi ini berbahaya bila sampai mendesak testis hingga produksi spermatozoa terganggu, yang berakibat pada infertilitas," kata dr Andri.

2. Testis menurun

Kondisi yang sering ditakutkan pria terkait kondisi buah zakarnya yakni jika buah zakar menurun. Keadaan ini juga sering dihubungkan dengan kebiasaan masturbasi.

"Masturbasi tidak akan membuat buah zakar menurun. Akan tetapi, masturbasi selama beberapa hari berturut-turut bisa membuat buah zakar terasa linu karena beban kerja berlebih untuk memproduksi sperma," tutur dr Andri.

3. Testis terasa nyeri

Bila Anda bersin lalu testis terasa nyeri, kemungkinan terjadi inflamasi (peradangan) pada jaringan kulit luar yang melapisi testis. Atau bisa saja terjadi inflamasi pada organ dalam testis. Pasalnya, bersin akan memberi tekanan atau desakan pada sebagian jaringan tubuh, antara lain pada testis.

Sedangkan, rasa ngilu dan nyeri di testis saat penis ereksi bisa jadi akibat peradangan atau retraksi persarafan. Kualitas sperma akan terpengaruh bila ada peradangan yang lama, misalnya akibat gondongan.

"Retraksi persarafan bisa disebabkan Hernia Scrotalis atau burut usus yakni masuknya usus ke dalam skrotum," kata dr Andri.

4. Testis menciut

Salah satu buah zakar yang mengecil besar kemungkinan karena infeksi yang disebut orchitis. Secara fisiologis, testis akan sedikit meregang ketika terjadi rangsangan seksual dan ereksi penis. Setelah ejakulasi, cairan sperma keluar lalu buah zakar akan sedikit menciut.

"Jadi buah zakar menciut usai ejakulasi adalah hal yang normal. Kembalinya cairan sperma dalam buah zakar bergantung pada kebugaran fisik dan usia. Biasanya pada usia sepuh, butuh waktu beberapa hari, bahkan minggu, untuk terpenuhinya kembali cadangan sperma pada buah zakar," jelas dr Andri.

5. Varises

Varicocele atau varises pada testis adalah kondisi dimana pembuluh darah di sekitar testis, terutama di sebelah kiri, mengalami kelainan dan akhirnya menghasilkan panas. Varicocele bisa menjadi pembunuh utama sperma.

"Varicocele bisa terjadi jika testis terlalu sering tertekan atau tergesek sehingga timbullah panas. Umumnya varicocele terjadi pada pria yang sering atau terlalu lama duduk dan berkendara di atas motor atau mobil," terang dr Andri.

Varicocele dapat mengganggu jumlah dan motilitas spermatozoa yang dikeluarkan oleh testis ketika ejakulasi. Bahkan bisa menimbulkan infertilitas.




Kelainan Pada Testis Penyebab Kemandulan Kelainan Pada Testis Penyebab Kemandulan Reviewed by admin on 05.55 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.